You are here: Home Artikel Cara Pengereman Serta Perlambatan Pada Jalan Berbukit dan Berbelok

Cara Pengereman Serta Perlambatan Pada Jalan Berbukit dan Berbelok

E-mail Print PDF

 

Memiliki kendaraan keluarga ideal seperti Grand Livina atau Nissan Evalia, tentu saja adalah kebanggaan dan itu merupakan hasil usaha dan kerja keras anda serta keluarga tercinta. Salah satu ajang yang paling ditunggu-tunggu dan menyenangkan adalah bertamasya bersama keluar kota, namun anda perlu memperhatikan karena bagi yang sering mengemudi didalam kota anda pasti harus sesaat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitar dan juga kondisi jalanan yang berbukit dan berkelok saat hendak berlibur ataupun tamsya.

Tak banyak kecelakaan yang terjadi karena pengemudi kurang memahami kondisi jalan yang dihadapi serta proses mengemudi terutama bagaimana melakukan pengereman dan perlambatan yang benar. Keduanya sangat penting untuk menjaga keseimbangan terutama agar kendaraan dapat melaju secara teratur.

Kondisi jalanan yang seperti itu memang membutuhkan pengalaman berkendara bagi seorang pengemudi atau jika boleh saya meminjam istilah yang lazim digunakan oleh khayalak umum adalah “harus mempunyai jam terbang yang tinggi”. Namun jika memang dalam kondisi terpaksa atau dengan kata lain mau tak mau harus anda sendiri yang mengendarai kendaraan, maka ada baiknya anda membaca dulu tips tentang pengereman dan perlambatan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini ;

- Usahakan pandangan anda sejauh mungkin atau dengan kata lain memandang sejauh mata memandang karena dengan melakukan hal ini adalah untuk mengurangi perlambatan-perlambatan maksimum yang harus menggunakan pedal rem. Lakukan perlambatan di atas permukaan landai.
- Setiap pengemudi usahakan untuk menggunakan secara lebih optimal perlambatan/deselerasi mesin (engine brake) dan menempatkan transmisi pada posisi yang tepat dan dapat menahan laju kendaraan. Hindari terlalu lama atau sering menginjak pedal rem.
- Jika terdapat tanda-tanda brake fading, pengemudi harus cepat mengambil keputusan untuk segera berhenti dan beristirahat sekitar 30-60 menit. Jelas, ini bertujuan agar konstruksi rem dan fluida rem kembali kepada pada suhu normal.

Dengan membaca rangkuman mengenai tips pengereman dan perlambatan pada jalan perbukitan dan berliku ini ada baiknya langsung anda praktekkan saat bepergian bersama keluarga. Perlu diingat sebagai seorang pengemudi, keselamatan semua penumpang selama dalam perjalanan juga sangat ditentukan oleh cara mengemudi anda. (dapurpacu.com)

 

 

Serah Terima Konsumen (Klik Gambar Untuk Perbesar)